Mau Cerita Saja

Kok Sama, Kok Bisa, Kebetulan?!

Pernah gak sih kamu lagi kemana gitu, lalu berpapasan dengan orang yang memakai sesuatu yang sama dengan apa yang kamu kenakan. Gimana rasanya?

———-

Dulu, waktu kecil, saya punya dress favorit, warna merah menyala, modelnya khas ala-ala belanda. Ada hiasan renda dibagian leher dan bagian rok ada bis bergelombang. Itu baju hadiah dari Ibu, yang dibelinya di pasar.

Nah, disuatu pagi, saya terbangun. Ingin ikut Ibu ke pasar dan merajuk agar dibelikan nasi kuning, jamu buyung upik dan jajanan pasar (lupa namanya). Hari itu, kebetulan saya pakai dress favorit tersebut.

Setelah berkeliling mengekori Ibu berbelanja, kami sepakat menuju lokasi penjualan nasi kuning. Ditengah keramaian, saya yang tidak terbiasa desak-desakan memilih membiarkan orang lain lewat terlebih dahulu. Ada detik dimana jalan agak lenggang, Ibu langsung menarik saya. Saya berusaha berjalan cepat, namun…

‘Brugh!’

Seseorang menabrak saya, pegangan tangan Ibu otomatis terlepas. Pandangan mata sedikit kacau, yang terlihat hanya dress warna merah yang saya pakai.

“Hei!” sapanya, menyadarkan saya. Tergelitik ketika sama-sama menyadari pakaian yang kita pakai plek-ketiplek sama.

Saya langsung menarik napas lega, ketika Ibu berbalik mencari saya. Anak perempuan yang menabrak tadi tersenyum kearah Ibu. Saya berusaha lebih memulihkan diri dari rasa terkejut.

(Catatan: Saya masih ingat sekali kejadian ini. Kejadian yang membuat saya menyadari betapa saya mudah terkejut dan hampir hilang kesadaran. Mulai mengerti, ada yang berbeda dari diri saya. Sejak kecil, Ibu sudah banyak bercerita tentang keadaan saya, tapi saya selalu menganggapnya angin lalu or simply macam, toh saya gak kenapa-kenapa. Begitu pula detak jantung yang rasanya seperti memekak telinga, saya baru ngeh kalau itu pertanda jantung saya bermasalah).

———-

Saya lagi di Alun-Alun. Seperti biasa, pepotoan untuk bahan blog. Nah, hari itu, saya pakai sandal warna merah dadu yang modelnya ada resleting dibagian belakang kaki.

Merasa jepretan foto sudah lebih dari cukup, saya langsung pulang. Tapi, sambil nunggu jemputan, saya iseng nonton acara tari-tarian. Ada sekitar sepuluh menit menonton, saya berbalik. Seorang anak kecil menempati posisi saya duduk tadi. Ia memperhatikan kaki saya. Sempat saya acuhkan, namun entah mengapa saya menoleh kearahnya. Oh astaga, sepatu kita sama ternyata.

———-

Ini kejadiannya pas tanggal sepuluh di bulan Maret, saya lagi didepan lemari baju. Bingung mau pakai baju apa untuk acara holi. Awalnya saya mau pakai baju yang biasa saja. Baju murahan yang saya punya kebetulan baju warna putih dengan tulisan BAPER, khas baju trend nak-kanak jaman now. Jaga-jaga jika bubuk warna meninggalkan noda. Kan, sayang. Tapi setelah lama berpikir, saya dan Ibu sepakat pakai baju hadiah dari Bu Gesi.

Dan ya, saya gak menyesalinya. Karena begitu saya sampai di Alun-Alun, saya berpapasan dengan remaja memakai baju atasan bertuliskan BAPER yang sama seperti saya punya. Dan setelah dihitung-hitung, dari ramainya orang yang ikut bermain (merayakan holi) warna, banyak diantaranya yang pakai baju BAPER dan baju putih yang modelnya setipe.

(Catatan: Ternyata bubuk warna yang dibagikan penyelenggara acara, tidak meninggalkan noda setelah dicuci).

Di hari dan acara yang sama, saya juga berpapasan dengan seorang remaja memakai tas yang sama dengan saya pakai hari itu. Hanya beda warna. Mata kita sempat bertatapan ketika sama-sama ngeh kalau tas kita modelnya sama persis plek-ketiplek.

———-

Iseng nulis sambil nunggu antrean di RS. Setidaknya waktu tidak terbuang begitu saja. Ah, betapa pekerjaan menunggu itu membosankan dan juga melelahkan. Yang sabar ya, punggung. Pegalmu tolong dikondisikan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s