Tak Berkategori

Pilihan Nama Anak yang Indonesia banget!

Saya sedang merapikan buku harian, bernostalgia dengan kenangan lama. Ada dua halaman yang membuat saya tertegun, membahas tentang nama anak.

Dulu, saya pernah membayangkan jika menikah dan memiliki anak, ingin rasanya menamainya dengan nama yang sangat Indonesia lalu dilengkapi dengan nama belakang yang berciri khas daerah. Misalnya untuk nama yang Jawa banget, diantaranya : Sujiwo, Bhaskara, Chandra, Wijaya, Kartika, Laras, Dian. Atau contoh nama khas Bali : Dika, Adnyana, Angga, Astika, Gina, Shanti, Suksma. Contoh lain, ada Arina, Lintang untuk khas Sulawesi (Manado), Arifin, Andreas, Kirai / Kirey, Aminah yang khas Sumatra (Minangkabau), Petrus, Antoinette, Veronika, Yunita, Grassella (Papua). Menurut saya, itu terdengar unik dan pastinya ada kebanggaan tersendiri.

Nah, karena saya masih jomblo dan belum menikah apalagi punya anak, saya berpikir untuk membagikan nama-nama yang berasal dari kata-kata indah berbahasa Indonesia. Mungkin ada orang tua yang sedang mencari ide untuk nama anaknya, yang kebetulan sepemikiran dengan saya.

Ada 19 nama yang berhasil saya rangkum. Silakan di cek satu-persatu, kali aja ada pilihan nama yang nyangkut di hati dan cocok untuk anak tersayang.

1. Semesta

Bagi kalian yang selalu merasa takjub dengan keindahan dan budaya Indonesia, nama Semesta adalah nama spesial yang memiliki arti jagat raya. Cocok juga bagi pasangan suami istri yang suka traveling, mendaki gunung, ataupun yang suka menyelam (melihat eksotisnya terumbu karang) di pantai, piknik di danau, dan menginap di kawasan pedesaan.

2. Lembayung

Cocok untuk penggemar sore menjelang malam, langit dengan warna keungu-unguan mengundang decak kagum. Bagi kalian yang pulang aktivitas ditemani keindahan jelang malam. Nama ini cocok disematkan bila bayi lahir saat menjelang malam.

3. Senja

Siapa sih yang tidak suka senja? Senja selalu menginspirasi. Perpaduan langit berwarna merah muda, oranye dan kuning. Nama ini bisa dipilih jika bayi lahir saat matahari akan terbenam.

4. Angkasa

Saat sebelum menikah, sering berduaan menikmati keindahan kerlip bintang. Nama ini akan sangat berarti dan akan terkenang selamanya.

5. Langit

Kadang, ada orang yang suka langit berawan, ada juga yang menyukai langit biru tanpa awan. Menatap langit rasanya seperti mampu menghilangkan beban pikiran dan hati. Greget!

6. Embun

Embun biasanya muncul di pagi hari, baik di kaca jendela maupun dedaunan. Embun berasal dari uap air yang merupakan proses gas menjadi cairan, embun juga berasal dari titik-titik air yang jatuh dari udara. Kalian penyuka hujan, nama Embun terdengar indah, bukan?

7. Kilau

Mungkin nama Cahaya atau Mentari terdengar sudah sering dipakai banyak orang, terpikir tidak kalau ada nama yang lebih unik dan masih belum banyak orang menggunakannya. Ya, Kilau.

8. Bening

Berarti bersih atau putih. Yang terlintas dalam pikiran saya tentang bening adalah gelang-gelang koleksi saya yang rata-rata variasi kristal ceko. Saya selalu memilih warna bening, karena ketika terkena cahaya, terlihat pendaran yang sangat memukau.

9. Binar

Binar dalam terjemahan bahasa Indonesia dapat berarti sendu atau redup, bisa pula berarti cahaya kegembiraan ataupun rasa haru. Seperti hidup, ada tangis dan ada tawa. Jika bayi kalian bermata besar dan belo, nama ini pasti sangat pas disematkan untuknya.

10. Nila

Nila dalam KKBI berarti indigo atau warna aura kebiruan-biruan. Ada beberapa anak lahir dengan keistimewaan, pembawa cahaya. Jika orang tua menyadarinya sejak ia lahir, sungguh betapa beruntungnya si anak. Kesulitan apapun yang akan dihadapi dalam hidupnya, ia tidak akan merasa sendirian.

11. Jingga

Jingga adalah perpaduan dari warna merah dan kuning. Jingga menurut saya adalah dua rasa. Ada beberapa orang dalam hidupnya sering mengalami dua hal dalam waktu persamaan. Ya sedih, ya juga bahagia. Yang perlu digaris bawahi adalah perasaan dan perjuangan untuk tidak larut saat kesedihan menimpa, tidak juga terlalu bahagia saat mendengar kabar baik. Jingga adalah nama yang mengingatkan kita untuk tetap bersyukur, apapun rasa yang ditawarkan hari.

12. Bianglala

Dulu setahu saya, bianglala itu wahana permainan yang sangat menyenangkan. Tapi siapa sangka, bianglala dalam bahasa Indonesia berarti pelangi. Siapa nih yang suka pelangi?

13. Senandung

Bagi kalian yang suka bernyanyi atau sehari-hari berprofesi sebagai penyanyi lalu menemukan pasangan hidup yang juga sama-sama bekerja di bidang tarik suara, nama Senandung akan memberi kesan mendalam. Mungkin beserta harapan, kelak anak kalian juga mengikuti jejak kalian berkiprah di dunia seni, khususnya tarik suara.

14. Alunan

Memiliki pasangan hidup yang sama-sama suka bermain alat musik atau penikmat musik, nama Alunan terdengar memikat, bukan?

15. Hadiah

Bagi sebagian orang tua, anak adalah anugerah, hadiah terindah dari Tuhan. Nama Hadiah terdengar bagaikan perwujudan dari rasa syukur.

16. Mimpi

Beberapa pasangan suami istri, ada yang setelah menikah sudah dipercayakan Tuhan mendapat buah hati. Tapi ada juga pasangan lain yang sudah lama menikah dan berupaya berbagai cara namun belum juga dikaruniai berkah tersebut. Begitu testpack bergaris dua, Mimpi lama didamba akhirnya terwujud nyata.

17. Bahagia

Ya, kalian tidak salah baca. Apa yang kalian rasa, khususnya bagi Ibu yang setelah menikah kemudian hamil. Hamilpun tidak ngidam sesuatu yang menyulitkan, menjalani masa kehamilan dengan riang dan penuh canda tawa bersama pasangan. Terlebih melahirkan normal lalu bisa memberikan ASI tanpa kendala. Bahagia, kan?

18. Asa

Setiap orang tua, pasti memiliki harapan untuk anaknya. Asa berarti harapan. Harapan baik dan menjadi kebanggaan kedua orang tuanya, kelak.

19. Sastra

Tentu, bagi orang tua yang menghabiskan waktunya untuk menulis dan membaca. Mengoleksi banyak buku bacaan atau menulis banyak buku entah itu puisi, sajak, novel, kumpulan cerita, dan lain sebagainya. Hmp, nama Sastra rasanya kurang klop jika tidak diabadikan pada buah hati.

Nah, diantara 19 nama, mana nih yang kamu dan pasanganmu suka? Kenapa?

Sumber Gambar : Diambil via Google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s